JALUR PENDIDIKAN FORMAL DI INDONESIA


Oleh : Hilwah Tsaniyah

Di Indonesia semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar, dan tiga tahun di sekolah menengah pertama, yang telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan di Indonesia. Pendidikan formal merupakan proses pendidikan yang terdiri dari beberapa tingkatan dan memiliki struktur yang dimulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang diakui oleh lembaga pendidikan Negara.

Tujuan pendidikan ialah untuk membentuk para peserta didik dalam kedewasaan jasmani dan rohaninya. Jalur pendidikan ini menjadikan mereka untuk disiplin seperti contohnya, sekolah mewajibkan para muridnya datang dan pulang pada jam atau waktu yang telah ditentukan. Proses belajar tersebutlah yang dapat membentuk mental dan fisik para peserta didik menjadi lebih baik dan disiplin.
Peran sekolah atau lembaga pendidikan negara yang juga membantu segala aspek lingkungannya, tidak hanya melatih kemampuan akademisnya melainkan para pendidik juga mendidik murid-murid memperbaiki dan memperhalus tingkah lakunya sebagaimana mereka berbicara kepada yang lebih dewasa darinya dan bagaimana memperlakukan orang yang lebih muda darinya.

Peserta didik tidak hanya belajar terus-menerus karena sekolah-sekolah pasti memiliki program ekstrakulikuler yang menjadi sarana bagi para peserta didik untuk mengembangkan bakat minat mereka serta kreativitasnya di luar jam belajar. Interaksi di dalam suatu kelompok yang tentunya melatih mereka untuk membangun dan memperluas hubungan sosialnya. Tak hanya itu mereka juga akan diajarkan tentang tanggung jawab sebagai peserta didik ataupun sebagai anggota dalam suatu kelompok.

Sehingga dengan pendidikan orang akan mampu menata masa depannya dengan bijaksana, dan dapat berfikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi dalam kehidupan. Karena banyak hal penting yang didapat dari mengetahui makna pentingnya pendidikan bagi kelangsungan hidup kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH