PERAN PENTING TPA/TPQ DALAM PENDIDIKAN ISLAM

 

sumber : pribadi


Oleh: Muhammad Naufal Hanafiah

Hampir setiap orang tidak asing ketika mendengar TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) atau TPQ (Taman Pendidikan Qur’an). TPA atau TPQ adalah suatu lembaga pendidikan Islam non-formal yang biasanya proses belajar mengajar dilaksanakan di masjid, musholla, dan langgar, atau terkadang di rumah ustadz/ustadzah atau di bangunan tertentu. Mengapa hampir setiap orang tidak asing dengan istilah TPA atau TPQ? karena hampir kebanyakan orang Islam di Indonesia pernah mengenyam pendidikan di TPA atau TPQ. Mungkin yang membedakan hanya istilah atau penyebutan dari lembaga tersebut seperti di daerah saya di Solo-nan lebih sering menggunakan istilah TPA daripada TPQ, atau mungkin tidak menggunakan kedua istilah tersebut akan tetapi dalam implementasinya tidak jauh berbeda bahkan sama.

Sebagaimana dari kepanjangannya, TPA atau TPQ merupakan lembaga pendidikan Islam non-formal yang mana prioritasnya adalah pendidikan Al-Qur’an seperti pembelajaran huruf hijaiyah, tanda baca, tajwid, menulis, dan tahfidz. Mengapa TPA atau TPQ bisa dikatakan salah satu pondasi fundamental pendidikan Islam? karena di TPA atau TPQ tidak hanya diajarkan baca tulis Al-Qur’an, akan tetapi diajarkan pula materi-materi keagamaan seperti macam-macam sholat, tata cara sholat serta wudhu, rukun iman dan Islam, akhlak, hadits-hadits, doa-doa, kalimat-kalimat thoyyibah, dan ajaran-ajaran keislaman  lainnya. TPA atau TPQ juga dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang mungkin sibuk atau kurang bisa mengaji serta minim ilmu agama atau yang menyekolahkan anaknya di sekolah yang pembelajaran agamanya kurang untuk memberikan pendidikan agama pada anak-anaknya. Contoh banyak dari murid-murid TPA atau TPQ di rumah saya merupakan anak-anak dari sekolah negeri dan anak-anak dari orangtua yang sibuk atau kurang dalam ilmu agama, bahkan ada yang orangtuanya penganut kejawen

Sebagai salah satu bocil yang merasakan pengalaman mengenyam pendidikan di TPA, saya menyadari peran penting adanya lembaga TPA atau TPQ. Banyak diantara teman-teman saya yang berlatar belakang sekolah negeri atau orangtuanya sibuk serta minim agama menjadi bisa baca tulis Al-Qur’an dan tahu tata cara sholat dan wudhu serta materi-materi keagamaan seperti puasa, rukun iman dan Islam, nabi dan malaikat. Meskipun sudah dewasa, banyak teman-teman saya yang memang karakternya gentho/gali jika disuruh ngaji masih bisa dan masih hapal surat-surat pendek dan beberapa doa meskipun beberapa agak terbata-bata karena memang sudah jarang baca Al-Qur’an dan mungkin hanya ketika Ramadhan masih ingat tata cara sholat dan wudhu meskipun terkadang lupa-lupa karena sholatnya kadang-kadang. 

Dari situ dapat kita lihat bahwa pendidikan TPA atau TPQ mempunyai peran penting dan fundamental sebagai bekal pemahaman agama terhadap anak-anak. Bahkan point plus-nya adalah anak-anak dapat mengajari orangtuanya atau keluarganya yang belum bisa mengaji. 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH