MENSYUKURI NIKMAT SEHAT

Hasil gambar untuk sehat
Oleh : Fahriza Kurniawan



            Kesehatan adalah salah satu karunia terbesar tuhan yang paling mahal harganya. Banyak sekali manusia yang lupa dan tidak menyadari betapa nikmatnya kesehatan tersebut. Manusia seringkali gagal memanfaatkan masa-masa sehatnya karena terlena dengan kesenangan-kesenangan dan gemerlapnya dunia.

            Kesehatan itu sangat mahal harganya. Bagaimana tidak mahal, coba saja kita bayangkan bila tuhan menghendaki mata kita tidak bisa melihat, berapakah harga yang akan kau berikan agar matamu bisa melihat lagi?. Ada kisah menarik tentang mahalnya kesehatan.

            Dikisahkan seorang raja dari kalangan kaum muslimin yang meminta segelas air untuk minum. Lalu sang pelayan datang membawa segelas air, kemudian berkata, "hai tuan raja, jangan tuan minum dahulu sebelum saya menanyakan satu pertanyaan." Sang raja berkata, "Tanyakanlah."

            Sang pelayan bertanya, "Jika tuan tidak memperoleh segelas air ini, berapa tuan akan membelinya?" Sang raja berkata, "Saya akan membelinya dengan setengah dari kerajaan saya." Sang pelayan berkata, "Jika tuan meminumnya, lalu terhenti di dalam kandung kemih tuan dan tidak dapat dikeluarkan (kencing). Berapa tuan akan membelinya?" Sang raja berkata, "Saya akan membelinya dengan semua kerajaan saya." Sang pelayan berkata, "Kalau begitu, harga kerajaan tuan setara dengan sekali kening saja."

            Manusia seringkali menyadari kesehatan itu berharga pada saat ia jatuh sakit saja. Oleh karena itu sangat penting bagi manusia untuk mensyukuri masa-masa sehatnya dengan cara merawat kesehatan tubuhnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH