MY FIRST MODEL UNITED NATIONS IN MALAYSIA


Oleh Krisna A Putra


Model united nations adalah kegiatan yang memberikan gambaran kepada pemuda mengenai siding Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam melakukan negoisasi, diplomasi, dan membuat kebijakan bersama, atau secara singkatnya Model United Nations adalah simulasi sidang PBB yang diperuntukan untuk pemuda pemudi dari seluruh dunia. Asia Youth International Model United nations di hadiri oleh lebih dari 25 negara dan dihadiri langsung 1.500 delegasi dari seluruh dunia.

            AYIMUN merupakan acara MUN pertama saya, sebelum saya mendaftar banyak perasaan buruk yang mengisi kepala, saya berfikir mungkin hanya mereka yang memiliki bahasa inggris bagus yang bisa ikut acara ini, mungkin mereka yang memiliki pengalaman dan mindset yang terbuka saja yang mampu mengikuti acara ini. Namun hati saya berkata lain, saya tidak akan  berhenti di sini hanya karena pemikiran-pemikiran lemah yang ada di kepala saya, motivasi saya adalah ingin membuat kedua orang tua saya bangga dan orang-orang yang telah mensupport sertamendoakan saya merasa bahagia atas pencapaian saya. Maka dari itu saya beranikan diri untuk mendaftar dan saya bersyukur kepada  ALLAH SWT  atas kesempatan yang diberikan kepada saya sebagaibagian 1.500 delegasi dari 26.000 pendaftar acara tersebut.

Sebagai perwakilan dari Indonesia di Asian Youth International Model United Nations memiliki niat untuk memberikan kontribusi dalam berupa project yang nantinya akan di bahas oleh tiap-tiap delegasi. Disana para delegasi diberikan topic permasalahan yang nantinya akan kami selesaikan bersama-sama melalui kebijakan masing-masing dari negara. Berada di council World Health Organization topic yang baha smengenai “Penyakit Mental” dalam kasus ini seluruh negara yang berada pada council sepakat bahwa permasalahan mental dunia merupakan permasalahan yang kompleks, mungkin banyak orang menganggap sepele hal ini namun ternyata penyakit mental memiliki dampak yang besar untuk dunia. Kami diberikan 2 hari untuk membahas hal ini di dalam sesi meeting, tiap Negara boleh menyampaikan pendapatnya, berdebat dan berdiplomasi dengan negara lain untuk mendukung kebijakan yang telah di buat oleh negaranya itu.

Kegiatan AYIMUN merupakan pengalaman yang paling berharga dalam hidup saya, melawan rasa takut di saat pemuda saat i ni hanya berani berada di zona rebahannya, berdinamika dengan pemuda pemudi dari seluruh dunia yang memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda-beda membuat saya sangat termotivasi bahwa di luar sana banyak hal yang belum saya ketahui dan saya mendapatkan itu semua. Dari kegiatan ini juga saya akhirnya  merasakan memiliki teman banyak dari seluruh dunia itu sangat membanggakan karena saya dapat berbagi informasi mengenai banyak hal dan dapat memperkuat  relasi saya itu sendiri. Mungkin sebagian dari kalian iri membaca dan melihat semua ini atau mungkin justru sebagian dari kalian merasa bangga dantermotivasi, itu tergantung pemikiran dan hati teman-teman sekalian. Tapi satuhal yang ingin saya  sampaikan; KALIAN BISA MENJADI SEPERTI SAYA BAHKAN LEBIH, KARENA KALIAN SEMUA TERLAHIR SEBAGAI SEORANG PEMENANG!
                                                                                                                
                                                               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH