SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA


Oleh Hilmi Gholi Hibatulloh


Sistem pendidikan Finlndia dianghap sebagai sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikian di negara ini secara rutin telah mengungguli negara-negara adidaya seperti Amerika. Hal ini diketahui sejak diadakanya penilaian siswa internasiaonal atau yang biasa disebut PISA yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Finlandia selalu menempati posisi atas dalam hal literasi membaca, matematika, dan juga dalam hal sains. Padahal di  negara ini memiliki sistem pendidikan yang relatif lebih singkat daripada negara-negara yang lainnya.

Sistem pendididkan Finlandia dapat berfungsi dengan baik dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah siswa dibebaskan memilih jalur edukatif yang mereka minati. Dan dalam pendidikan usia dini negara ini merancang sistem pendidikan melalaui permainan. Dan untuk anak yang baru berusia 6 tahun tidak diharuskan untuk memasuki taman kanak-kanak maupun PAUD. Orang tua dibebaskan menghabiskan waktu dengan anak-anak sebanyak mungkin dengan bermain, menjalin ikatan yang baik, dan pula mengajar mereka.

Apabila orang tua ingin memulai pendidikan anak mereka lebih awal Finlandia menyediakan program pendidikan untuk anak usia dini juga. Program ini mengadopsi sistem balajar melalui permainan yang menjadikan proses pertumbuhan yang seimbang. Orang tua pun tidak harus diberatkan dengan biaya untuk pendidikan ini dikarenakan orang tua hanya harus membayar sekitar 14% dari biaya pendidikan yang aslinya. Jumlahnya pun akan disesuaikan dengan penghasilan orang tua masing-masing anak. Program ini sangatlah populer di Finlandia sampai diketahui bahwasanya sekitar 80% anak usia sekitar 3-5 tahun mengikuti program tersebut.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sistem pendidikan Finlandia menjadi sangat baik sampai-sampai membuat negara lain malu diantaranya adalah tidak adanya persaingan, profesi guru adalah profesi yang paling dihormati, Finlandia tidak takut untuk bereksperimen, waktu bermain untuk anak sangat dipentingkan, dan juga tidak adanya banyak tugas ataupun pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru untuk para siswa. Dengan hal-hal tersebut Finlandia mampu menjadikan negara mereka menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH