CINTA TAK TERBATAS


Oleh: Fahriza Kurniawan

Manusia adalah salah satu dari sekian banyak bentuk kehidupan yang ada di bumi ini dan juga manusia adalah jenis makhluk yang memiliki otak paling berkembang, sehingga bebas untuk memilih cara hidup mereka sendiri. Akan tetapi, jika manusia bersikap bebas dan semaunya maka kehidupan di bumi dan masyarakat akan menjadi kacau.

Jika manusia hanya mementingkan diri sendiri dan menjadikan nafsu yang tak terpuaskan sebagai faktor pendorong hidupnya, maka itu tidak akan pernah selesai dan malah akan menimbulkan banyak kerusakan alam serta berbagai macam tindak kriminal. Seperti penebangan hutan besar-besaran adalah karena manusia yang tidak pernah bisa memuaskan nafsunya untuk terus mengumpulkan kekayaan, dll.

Manusia memiliki harta yang tidak terlihat yang dinamakan cinta. Orang tua kita telah memberikannya kepada kita, tapi mungkin kita kurang menyadarinya. Mendapatkan cinta itu membahagiakan, tetapi memberikan cinta lebih membahagiakan. Manusia, hewan, tumbuhan, ilmu pengetahuan, benda, apa pun bisa dijadikan objek untuk jatuh cinta. Cinta membuat semua hal setara.

Pernahkah kamu melihat wajah orang yang memberikan miliknya kepada orang lain, orang yang memberikan semangat, orang yang melakukan pekerjaan sukarela, orang yang merendahkan dirinya untuk orang lain. Pasti wajah mereka terlihat menyejukkan dan selalu dihiasi senyuman, karena di dalam hati mereka tersimpan kebahagiaan. Menurut penelitian, jika hati kita sedang tenang atau senang maka organ-organ yang ada di tubuh kita akan bekerja lebih baik sehingga tubuh jadi sehat dan penampilan menjadi semakin lebih baik. Contoh yang nyata misalnya, perempuan menjadi lebih cantik ketika sedang jatuh cinta.

Manusia bisa hidup tanpa teman, bisa hidup tanpa keluarga, bisa hidup tanpa seks, tetapi manusia tidak bisa hidup tanpa cinta. berbagilah cinta kepada lingkungan sekitar dan orang-orang di sekitar. Berikanlah belas kasih saat kau sendiri sedang membutuhkannya. Jadilah seorang teman saat kau sendiri sedang membutuhkan pertemanan. Berikanlah perhatian saat kau sendiri sedang membutuhkannya.






Pondok Pesantren Darun Nun Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH