SERUNYA ACARA TALKSHOW NASIONAL BERSAMA GENERASI MILENIAL


Oleh : Hilwah Tsaniyah


Pada  tanggal 15 Maret 2020, UPKM (Unit Pengembanagan Kreatifitas Mahad) JDFI (Jam'iyah Dakwah wa Alfan Al-islamiy) mengadakan Talkshow Nasional dengan tema "Tantangan Milenial dalam Mewujudkan Generasi Islam Bernafas Seni Qur'ani" yang merupakan acara tahunan UPKM tersebut dan di laksanakan di Gedung Ir.Soekarno Lantai 5 dari pukul 08.00-12.00 Siang. Yang mana tiketnya telah di buka dan diedarakan sejak bulan januari tahun 2020.

Acara ini  diikuti oleh hampir sebagian besar mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan beberapa mahasiswa kampus lainnya. Seminar ini diisi oleh empat pemateri terkenal yang juga sebagai pengaruh pemuda atau mahasiswa/i di zaman sekarang ini, yaitu : Wirda Mansyur yakni penghafal Al-Qur'an sekaligus pebisnis muda dan keturunan Lirboyo yakni : Iman kafa, Hafsah kafa dan Roya kafa.

Selain untuk memeriahkan acara penutupan UPKM JDFI, acara ini juga sebagai penambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa yang hadir dalam seminar ini untuk mewujudkan generasi milenial yang tetap kembali dan mengingat Al-Qur'an, juga untuk menjaga, menata dan meluruskan niat dalam menuntut ilmu di berbagai tempat. Melihat latar belakang pendidikan pemateri yang sangat luar biasa.

Acara ini dimeriahkan oleh beberapa penampilan panitia seperti hadroh, acapela, juga beberapa penampilan lainnya pada saat pembukaan acara. Sebelum penyampaian oleh pemateri ada sedikit sambutan yang di sampaikan oleh ketua bidang kesantrian. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yakni penyampaian materi oleh keempat pemateri secara bergantian.

Menurut gus Iman kafa, ilmu itu bisa kita dapatkan jika yang pertama banyak bertanya yakni dengan bertanya bahwasanya kita berfikir akan sesuatu hal yang awalnya tidak kita mengerti setelah bertanya. Yang kedua adalah hati yang berakal yakni menjadikan hati selalu bersih dengan banyak mengingat Allah SWT. Yang terakhir adalah banyak bersedekah, dengan banyak bersedekah Allah akan memudahkan segala urusan kita bahkan dengan bersedekah Allah akan menentukan bagaimana takdir kita. Semisal jika seharusnya kita akan mati besok, karena dengan bersedekah pada malam harinya maka Allah akan menunda kematian seseorang.
                                                                                                                                 
Sedangkan menurut Wirda Masnyur kita harus selalu yakin terhadap apa yang kita pilih dan . tak perduli apa kata orang yang kemudian perasaan yakin itu membawa dirinya berhasil seperti sekarang ini. selain perasaan yakin terhadap apa yang kita inginkan, tak lupa juga ia mengingatkan kita untuk selalu meminta kepada Allah di samping ikhtiar yang telah kita lakukan. Mengutip perkataan neng Hafshah Kafa kita harus selalu menyangkutkan masalah apapun yang kita punya dengan Al-qur’an.  Kemudian di lanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri yang dipimpin moderator dan diakhiri dengan foto bersama dengan keempat pemateri, moderator dan seluruh peserta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH