BIOGRAFI PENGARANG KITAB MISHBAHUL MUNIR

 Oleh Ira Safira Haerullah

            Syaikh Ahmad bin Muhammad Al Muqri Al Fayumi dikenal dengan nama Abu Abbas  Al Fayumi atau Al Fayumi merupakan nama dari pengarang kitab terkenal dalam dunia bahasa Arab yaitu Mishbahul Munir. Nama Al Fayumi dinisbatkan pada tempat beliau dilahirkan yaitu daerah Fayumi, Mesir. Setelah beberapa tahun kemudian beliau berpindah ke Hama, Syam. Fayumi merupakan tempat beliau dibesarkan juga menjadi tempat beliau mempelajari dan mendalami ilmu bahasa Arab. Wafat

            Beliau adalah seorang alim yang ahli di bidang linguistik juga merupakan ulama’ pada abad ke delapan yang sangat ahli dalam bahasa Arab. Menjadi seorang yang ahli dalam bidang bahasa Arab tentu tidak terlepas dari  ajaran guru beliau yaitu Imam Abu Hayyan Muhammad ibn Yusuf ( w.754 H). Dari sang gurulah Abu Abbas al Fayumi belajar dan memperdalam ilmu bahasa Arab juga mempelajari bacaan serta fiqih Imam Syafi’i. Di Mesir beliau tinggal di Hama dan menetapnya di sana. Pada masa Hama dipimpin oleh raja Islam Imad al Din, Ayyubiyah, atau dikenal dengan Abu Fida (672 – 732 H = 1273 – 1331M). Imam Abu Abbas Al Fayumi ditugaskan di masjid Al Dahhaza pada bulan Sya’ban tahun 727 untuk mengajar dalam bidang bahasa. Beliau juga merupakan imam besar yang ahli dalam fiqh.

            Keistimewaan kitab beliau adalah kosa kata dalam kamus beliau mempunyai kaitan dengan fiqh, sehingga tidak heran jika terdapat keterangan yang agak panjang. Kamus Mishbahul Munir dengan kamus madzhab Syafii dikarenakan cendurangan fiqhnya kepada imam Syafi’i. Kamus Mishbahul Munir merupakan salah satu kamus yang akrab di telinga santri.

            Putra beliau putra Mahmoud bin Ahmed Abu Al Thana Al Hamdani Al Fayomi, hakim dikenal dengan Ibn Khatib Al Dahha yang terkenal lahir ( 750 H – 1349 M ) dan wafat di tahun 834 H – 1431 M . Karya Imam Abu Abbas Al Fayumi:

·         Mishbahul Munir Fii Gharib Syarah Kabir

·         Diwan Khatib

·         Syarah Aerud ibn Alhajib

·         Natsir A Juman Fii Al Tarajum Al A’yan

·         Mukhtasir Ma’alim Attanzilin lilbagiyi Husain bin Mas’ud

Sumber :

·         كتاب الأعلام للزركلي تأليف خير الدين الزركلي

·         https://ar.wikipedia.org/wiki/%D8%A3%D8%A8%D9%88_%D8%A7%D9%84%D8%B9%D8%A8%D8%A7%D8%B3_%D8%A7%D9%84%D9%81%D9%8A%D9%88%D9%85%D9%8A

·         http://fathonimahsun.blogspot.com/2016/03/kamus-kamus-arab-dan-cerita-uniknya.html

·         Saiful Mukminin, Iman, “Kamus Ilmu Nahwu dan Sharaf” (Amzah: Jakarta,2008) Hal: 315

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH