Resep Kerang Saus Padang

 


Oleh: Lely Agustina

Halloo, selamat siang. Kali ini aku mau membagi resep masakan lagi nich, kali ini aku membagi resep kerang saus padang. berhubung aku pencinta seafood khususnya kerang, jadi aku kasik resep ini buat kalian coba. Favorite aku sih kerang saus padang, nah kalau kalian ada yang dari padang nih bole lah kasik aku makanan padang haha…, okay lanjut aku sudah list di bawah ini resep nya yaw silakan di coba. Terimakasih.

Bahan:

  • 500 gram kerang

  • 1 ½ sdm saus tomat

  • 1 sdm saus tiram

  • 2 lembar daun jeruk purut

  • 2 batang daun brambang

  • 3 cm lengkuas, memarkan

  • 3 cm jahe, memarkan

  • 1 batang serai, memarkan

  • Garam

  • Gula

  • Kaldu jamur

  • Air

  • Minyak goreng

Bumbu halus :

  • 2 sdm air perasan jeruk nipis

  • 4 buah cabe rawit merah

  • 3 buah cabe merah besar

  • 4 siung bawang merah

  • 2 siung bawang putih 

Cara Membuatnya:

  1. Bersihkan kerang dan rendam dengan air jeruk nipis sekitar 15 menit. Kemudian rebus hingga cangkak kerang terbuka.

  2. Panaskan minyak, kemudian masukan bumbu halus. Tumis hingg harum. Tambahkan saus sambal, saus tomat dan saus tiram. Aduk hingga rata kemudian masukan air.

  3. Diamkan bumbu yang sudah diberi air hingga mendidih. Masukan garam, gula dan kaldu jamur. Aduk hingga merata kemudian masukan kerang dan aduk kembali hingga rata.

  4. Diamkan sebentar agar bumbu meresap. Setelah semua bagian kerang terlapisi dengan bumbu, matikan api.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS DESKRIPTIF PONDOK PESANTREN DARUN NUN

KISAH HARU SANG DOKTER

BIOGRAFI PENGARANG KITAB QAMUS AL MUHITH